Animasi dan Design Grafis
1. Animasi
1.1
Teori Animasi
Menurut Andreas Andi Suciadi (2003:9),
Animasi adalah sebuah
objek atau beberapa objek yang tampil bergerak melintasi stage atau berubah
bentuk, berubah ukuran, berubah warna, berubah putaran, berubah
properti-properti lainya.
Menurut Zeembry (2001:43), Animasi adalah Pembuatan gambar atau isi yang berbeda-beda pada setiap frame, kemudian
dijalankan rangkain frame tersebut menjadi sebuah motion atau gerakan sehingga
terlihat seperti sebuah film.
Menurut Bustaman (2001:32-33), Animasi adalah
uatu proses dalam menciptakan efek gerakan atau perubahan dalam jangka waktu
tertentu, dapat juga berupa perubahan warna dari suatu objek dalan jangka waktu
tertentu dan bisa juga dikatakan berupa perubahan bentuk dari suatu objek ke
objek lainnya dalam jangka waktu tertentu.
1.2 Penerapan
Animasi
Animasi sering diterapkan sebagai sebuah film atau bagian dari sebuah
scene pada film. Namun, Animasi juga dapat diterapkan pada banyak hal seperti: iklan
, papan notifikasi dan lain-lain. Pada industri perfilman, Animasi biasanya
digunakan sebagai tambahan effect untuk mengilustrasikan hal-hal yang tidak
mungkin di dunia nyata. Namun animasi juga dapat dijadikan satu kesatuan film
yang utuh seperti Spongebob, Toy Story, Rurouni Kenshin dan Attack on Titan.
Pada sebuah iklan, biasanya Animasi digunakan untuk menvisualisasikan
mascot dari brand tersebut, seperti pada iklan Mr. Muscle. Sebuah Running text yang
berada di depan toko, bank dan tempat-tempat lainnya juga merupakan contoh dari
penerapan animasi.
1.3 Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa Animasi adalah sekumpulan gambar(frame-frame)
yang membentuk sebuah adegan/scene. Animasi juga dapat diartikan sebagai gambar
yang bergerak. Animasi dapat diterapkan berbagai macam hal. Animasi juga bisa
menjadi suatu daya tarik tersendiri dalam menyampaikan sebuah informasi
2. Design Grafis
2.1 Teori Design Grafis
Menurut Suyanto, Design Grafis adalah Aplikasi dari keterampilan seni
dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri
Menurut Jessica Helfhand, Design Grafis adalah Kombinasi kompleks
kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang
membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan
elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus,
sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.
Menurut Danton Sihombing, Design Grafis Mempekerjakan berbagai elemen
seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan
gambar, baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi.
Secara umum, Design Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar)
terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk
memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa, seperti ilustrasi, foto,
tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan
dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.
2.2 Penerapan
Design Grafis
Pada umumnya Design grafis banyak diterapkan pada bidang periklanan. Seperti Pembuatan
baliho,poster,sticker dan lain lain. Dimana gambar/lukisan dibuat semenarik
mungkin untuk memikat perhatian orang. Design Grafis juga bisa diterapkan pada
pembuatan logo dan design produk. Seperti logo sebuah kompetisi (asian games,
Indonesia open, dll), bahkan gambar yang terdapat pada kaos yang sering kita
gunakan merupakan contoh dari design grafis.
2.3 Kesimpulan
Design grafis dapat disimpulkan sebagai sebuah gambar menarik yang memiliki
makna. Pada dasarnya, setiap design grafis dibuat oleh designer memiliki makna
yang berkaitan dengan object yang menjadi target design. Misalkan pada logo Asian
Games 2018, dimana logo tersebut dibuat terinspirasi dari bentuk atap Gelora
Bung Karno.
3. Sumber / Daftar Pustaka
Bustaman,
Burmansyah (2001). Web design dengan macromedia flash mx 2004.
Yogyakarta: Andi Offset.
Riberu, Tito
(2004). Refrensi dan Tuntunan Perancangan Program Action Script Macromedia
Flash MX. Jakarta: Dinastindo.
Suciadi, Andi
Andreas (2003) Menguasai Pembuatan Animasi dengan Macromedia Flash MX.
Jakarta: Dinastindo.
Zembry
(2001). Animasi web dengan macromedia Flash 8. Jakarta: Elex Media
Komputindo
Comments
Post a Comment