Animasi dan Design Grafis


1.   Animasi

                1.1 Teori Animasi

       Menurut Andreas Andi Suciadi (2003:9), Animasi adalah  sebuah objek atau beberapa objek yang tampil bergerak melintasi stage atau berubah bentuk, berubah ukuran, berubah warna, berubah putaran, berubah properti-properti lainya.

       Menurut Zeembry (2001:43),  Animasi adalah Pembuatan gambar atau isi  yang berbeda-beda pada setiap frame, kemudian dijalankan rangkain frame tersebut menjadi sebuah motion atau gerakan sehingga terlihat seperti sebuah film.

       Menurut Bustaman (2001:32-33), Animasi adalah uatu proses dalam menciptakan efek gerakan atau perubahan dalam jangka waktu tertentu, dapat juga berupa perubahan warna dari suatu objek dalan jangka waktu tertentu dan bisa juga dikatakan berupa perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lainnya dalam jangka waktu tertentu.

1.2 Penerapan Animasi

Animasi sering diterapkan sebagai sebuah film atau bagian dari sebuah scene pada film. Namun, Animasi juga dapat diterapkan pada banyak hal seperti: iklan , papan notifikasi dan lain-lain. Pada industri perfilman, Animasi biasanya digunakan sebagai tambahan effect untuk mengilustrasikan hal-hal yang tidak mungkin di dunia nyata. Namun animasi juga dapat dijadikan satu kesatuan film yang utuh seperti Spongebob, Toy Story, Rurouni Kenshin dan Attack on Titan.

Pada sebuah iklan, biasanya Animasi digunakan untuk menvisualisasikan mascot dari brand tersebut, seperti pada iklan Mr. Muscle. Sebuah Running text yang berada di depan toko, bank dan tempat-tempat lainnya juga merupakan contoh dari penerapan animasi.

1.3 Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa Animasi adalah sekumpulan gambar(frame-frame) yang membentuk sebuah adegan/scene. Animasi juga dapat diartikan sebagai gambar yang bergerak. Animasi dapat diterapkan berbagai macam hal. Animasi juga bisa menjadi suatu daya tarik tersendiri dalam menyampaikan sebuah informasi
      

2. Design Grafis

2.1 Teori Design Grafis

Menurut Suyanto, Design Grafis adalah Aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri
Menurut Jessica Helfhand, Design Grafis adalah Kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.
Menurut Danton Sihombing, Design Grafis Mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar, baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi.
Secara umum, Design Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa, seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.

2.2 Penerapan Design Grafis

Pada umumnya Design grafis banyak diterapkan pada bidang  periklanan. Seperti Pembuatan baliho,poster,sticker dan lain lain. Dimana gambar/lukisan dibuat semenarik mungkin untuk memikat perhatian orang. Design Grafis juga bisa diterapkan pada pembuatan logo dan design produk. Seperti logo sebuah kompetisi (asian games, Indonesia open, dll), bahkan gambar yang terdapat pada kaos yang sering kita gunakan merupakan contoh dari design grafis.

2.3 Kesimpulan

Design grafis dapat disimpulkan sebagai sebuah gambar menarik yang memiliki makna. Pada dasarnya, setiap design grafis dibuat oleh designer memiliki makna yang berkaitan dengan object yang menjadi target design. Misalkan pada logo Asian Games 2018, dimana logo tersebut dibuat terinspirasi dari bentuk atap Gelora Bung Karno.


3. Sumber / Daftar Pustaka

Bustaman, Burmansyah (2001). Web design dengan macromedia flash mx 2004. Yogyakarta: Andi Offset.

Riberu, Tito (2004). Refrensi dan Tuntunan Perancangan Program Action Script Macromedia Flash MX. Jakarta: Dinastindo.

Suciadi, Andi Andreas (2003) Menguasai Pembuatan Animasi dengan Macromedia Flash MX. Jakarta: Dinastindo.

Zembry (2001). Animasi web dengan macromedia Flash 8. Jakarta: Elex Media Komputindo




Comments

Popular posts from this blog

Blue Pay Wallet Indonesia

Tugas Perhitungan Bunga Tabungan

Infrastructure Control and ITIL Services Management Best Practice