Infrastructure Control and ITIL Services Management Best Practice
ITIL Service Operation
Processes
Dalam
menerapkan ITIL Best Practices, pengaturan strategi pelayanan sangat penting,
termasuk hal-hal dasar dalam IT maupun
tingkatan yang lebih tinggi seperti IT Financial. Tujuan utama dari ITIL
Service Operation Processes adalah untuk membantun koordinasi dan memberikan
pelayanan IT ke customers. Konsep penting ini mulai pudar dalam pekerjaan IT
akhir-akhir ini,namun ITIL Best practices tetap membawa konsep ini sebagai
bagian terdepan kebutuhan bisnis dan management.
Services Operation Event and
Incident Management
ITIL
service operation menetapkan memisahkan antara layanan proses pekerjaan
untuk manjemen acara dan insiden. Proses
manajemen insiden meliputi aktifitas yang diperlukan untuk memulihkan layanan
IT setelah terjadinya gangguan. ITIL dapat menyimpulkan sebuah gangguan dari
berbagai macam masalah, seperti layanan yang diterima user tidak
sesuai,kesalahan sistem, user tidak bisa mengakses aplikasi,kesalahan password
dan lain lain.
Tujuan
utama dari kefektifan manajemen insiden adalah untuk mengembalikan layanan ke
kondisi normal secepat mungkin dengan biaya yang memberikan dampak sekecil
mungkin terhadap usaha maupun pelanggan.
Komponen
pertama dari ITIL incident management process adalah mendeteksi dan
mendokumentasi insiden dari bagian layanan,sebagai satu titik kontak. Insiden
ini terkait dengan hal-hal seperti pelanggan yang menelfon mengenai suatu
masalah, atau pekerja IT melaporkan ke bagian layanan. Setelah laporan insiden
diterima, maka bagian layanan menentukan tingkatan dari insiden baik dari segi
prioritas, dampak dan keadaan. Setelah itu maka proses investigasi dan diagnosa
bisa dimulai. Jika bagian layanan tidak bisa menyelesaikan masalah, maka
penyelesaian masalah akan ditugaskan kepada tingkatan dukungan IT yang lebih
tinggi untuk mencari solusi. Walaupun begitu, setiap bagian yang terkait tetap
harus mendokumentasikan apa saja hal-hal yang telah dilakukan melalu log file.
Services Delivery Best
Pratices
ITIL Services Management menguraikan proses
launching, managing dan controlling semua tingkatan layanan IT dengan tujuan
untuk membangun kepuasaan pelanggan. ITIL memanggil seluruh fungsi IT untuk
membuat sebuah program peningkatan layanan berlanjut untuk direview, analisa
dan membuat rekomendasi untuk peningkatan di berbagai bidang layanan
ITIL. Dalam prosesnya, IT audit harus melakukan hal-hal seperti :
• Mengulas
manajemen informasi apakah sesuai dengan level layanan yang disetujui
• Mengulas
manjemen informasi apakah memberikan output yang sesuai dengan keinginan
• IT audit
melakukan verifkasi terkait karyawan dan proses penyesuaiannya secara berkala
• Melakukan
survey kepuasaan pelanggan secara berkala
Auditing IT Infrastructure Management
ITIL
Management Process memperkenalkan sebuah pendekatan yang luas dan meningkat
dalam mencari semua aspek infrastruktur IT. Proses ini tidak independent dan
bebas. Meskipun setiap ITIL process bisa melakukan hal ini sendiri, mereka bergantung
pada masukan dan dukungan dari proses yang terkait. Seorang auditior harus
memikirkan keterkaitan antara proses ITIL satu dengan yang lainnya.
IT Auditor harus berhati-hati
dalam membuat rekomendasi terkait dengan infrastruktur IT. Luas dan jangkauan
area yang di audit harus selalu dipikirkan.IT auditor zaman sekarang harus
berpikir mengenai kecukupan dan kelayakan control IT mulai dari bagaimana
dibuat hingga menjadi aplikasi-aplikasi termasuk proses infrastrukturnya. IT
Infrastruktur merupakan hal penting yang direview oleh internal.
Comments
Post a Comment